Judul Buku: Menjadi Guru Yang
Dirindukan
Penulis: Rida Syamsiah
Penerbit: Caramedia Comunication Gresik
Terbit Tahun: September 2019
Tebal: 145 halaman
Buku
ini betul-betul dapat mengungkap bagaimana guru yang dirindukan? Guru yang
drindukan dapat diurai secara eksplisit maupun implisit. Guru yang galak, suka
marah-marah atau memukul, akan selalu diingat dan dikenang siswanya, tetapi
tidak dirindukan. Bu Rida sangat gamblang dalam menguraikan hal yang dirindukan
peserta didik.
Bagian
satu, belajar dari pengalaman. Buku ini memberikan pembelajaran berarti. Kita
sebagai guru tidak boleh memvonis perilaku murid yang kurang bagus, yang sering
melanggar tata tertib, selamanya melanggar. Jika Allah memberikan hidayah
langsung berubah total. Guru tetap optomis perubahan yang terbaik bagi peserta
didiknya. Bisa jadi hidayah Allah mengantarkan peserta menjadi lebih baik, bahkan bisa lebih baik
dari gurunya. Penulis mengajak kita untuk lebih bijaksana, tidak tergesa-gesa
mevonis apa pun kondisi peserta didik.
Buku
keren ini juga menuturkan bahwa segala sesuatu yang ingin dicapai haruslah
melalui upaya yang optimal. Tidak ada hasil luar biasa yang didapatkan dari
usaha yang biasa-biasa saja, kecuali melakukan kecurangan atau rekayasa. Hal
ini merupakan sunnatullah. Ajarkan pada siswamu sebuah rumus abadi, yaitu
kehidupan dan sunnatullah. Bahwa kesuksean tidak dapat dicapai dengan mudah,
semuanya butuh perjuangan.
Bagian
kedua, sosok guru yang dirindukan. Buku ini mampu menyajikan ciri-ciri guru
yang dirindukan dan dilengkapi contoh kasus/peritiwa riil serta hasil testomoni
anak-anak tentang guru yang dirindukan. Dari pengalaman, pandangan, dan
karakter guru yang dirindukan dapat diungkap ciri-ciri guru yang dirindukan,
antara lain; berkarakter baik, memiliki control yang baik, mampu mengelola
kelas dengan baik, mampu berkomunikasi dengan baik, selalu up to date dan
upgrade ilmunya, memberikan teladan, berpenampilan menarik, bahagia dan senang bersama-sama
siswanya. Hal ini bisa menjadi refleksi kita sebagai guru. Apakah kita memiliki
ciri-ciri tersebut? Buku ini telah dapat mengupas tuntas.
Bagian
ketiga, menjadi guru yang dirindukan. Buku ini menceritakan rahasia menjadi
guru yang dirindukan, antara lain; Dimulai dari niat; berkomitmen; mendidik
dengan cinta; sentuhan dengan; jempol, jari telunjuk, jari tengah, jari manis,
jari kelingking; mengoptimalkan proses pembelajaran; tampil di depan kelas
dengan prima, berlaku bijaksana, selalu ceria di depan kelas; mengendalikan
emosi, menjawab setiap pertanyaan yang siswa, memiliki rasa malu dan rasa
takut, tidak sombong, berlaku adil; menjadi motivator dan inspirator siswa; menciptakan
suasana belajar yang menyenangkan, memberi pujian yang wajar terhadap
keberhasilan siswa, berikan penilaian yang objketif, memberi komentar terhadap
hasil pekerjaan siswa, meciptakan persaiangan yang sehat dan kerja; menjadi
guru yang diterima, dicintai dan dipercaya siswa, guru yang diterima, guru yang
dicintai, dan guru yang dipercaya. Penulis dengan lengkap mengidentifikasi apa
saja yang dilakukan agar menjadi guru yang dirindukan.
Bagian
keempat, jalan menjadi guru yang dirindukan. Faktor-faktor penghambat, antara
lain; mindset guru masih belum berubah, tidak memiliki komitmen, tidak memiliki
integritas keilmuan, tidak kreatif dan inovatif dalam mengajar, malas belajar
dan mengembangkan diri, tidak meiliki control diri yang baik, tidak meiliki
motivasi berprestasi, tidak percaya diri dan berwibawa, bernampilan acak-acakan,
gagap teknologi (gaptek), dan kurang relkigius. Penulis mampu menyjikan parameter
yang tepat agar para guru terarah dan memiliki sejumlah karakter agar lebih
mudah menjadi guru yang dirindukan.
Buku
ini menarik untuk dibaca oleh para guru, pemerhati pendidikan, stakeholder, dan para
orang tua. Hal ini penting untuk dilakukan agar memiliki pemahaman konsep Pendidikan
yang baik dan yang terbaik untuk putra-putrinya. Dengan orang tua tidak salah
dalam memahami Pendidikan yang baik, mutu Pendidikan yang baik, dan layanan Pendidikan
yang cocok untuk putra-putrinya. Jika para orang tua sudah memiliki pemahaman
Pendidikan
yang baik pada akhirnya dapat memberikan dukungan yang sesuai pada sekolah sehingga
guru-guru yang diidealkan, yang dirindukan dapat berkembang dan memungkinkan
anak-anak belajar dengan baik. Buku ini mampu menyajikan bagaimana anak-anak
bisa kerasan di sekolah manakala para gurunya dirindukan. Jika sekolah banyak
memiliki guru yang dirndukan dapat dipastikan motivasi diri anak untuk belajar
makin tinggi dan memungkinkan anak-anak berkembang secara optimal. Buku ini kiranya wajib dibaca oleh semua
pihak terutama para guru yang belum dirindukan.
Oleh:
Marjuki
Comments
Post a Comment