RESENSU BUKU

Judul Buku: Menjadi Guru Yang Dirindukan

Penulis: Rida Syamsiah

Penerbit: Caramedia Comunication Gresik

Terbit Tahun: September 2019

Tebal: 145 halaman

 

Buku ini betul-betul dapat mengungkap bagaimana guru yang dirindukan? Guru yang drindukan dapat diurai secara eksplisit maupun implisit. Guru yang galak, suka marah-marah atau memukul, akan selalu diingat dan dikenang siswanya, tetapi tidak dirindukan. Bu Rida sangat gamblang dalam menguraikan hal yang dirindukan peserta didik.

Bagian satu, belajar dari pengalaman. Buku ini memberikan pembelajaran berarti. Kita sebagai guru tidak boleh memvonis perilaku murid yang kurang bagus, yang sering melanggar tata tertib, selamanya melanggar. Jika Allah memberikan hidayah langsung berubah total. Guru tetap optomis perubahan yang terbaik bagi peserta didiknya. Bisa jadi hidayah Allah mengantarkan peserta  menjadi lebih baik, bahkan bisa lebih baik dari gurunya. Penulis mengajak kita untuk lebih bijaksana, tidak tergesa-gesa mevonis apa pun kondisi peserta didik.

Buku keren ini juga menuturkan bahwa segala sesuatu yang ingin dicapai haruslah melalui upaya yang optimal. Tidak ada hasil luar biasa yang didapatkan dari usaha yang biasa-biasa saja, kecuali melakukan kecurangan atau rekayasa. Hal ini merupakan sunnatullah. Ajarkan pada siswamu sebuah rumus abadi, yaitu kehidupan dan sunnatullah. Bahwa kesuksean tidak dapat dicapai dengan mudah, semuanya butuh perjuangan.

Bagian kedua, sosok guru yang dirindukan. Buku ini mampu menyajikan ciri-ciri guru yang dirindukan dan dilengkapi contoh kasus/peritiwa riil serta hasil testomoni anak-anak tentang guru yang dirindukan. Dari pengalaman, pandangan, dan karakter guru yang dirindukan dapat diungkap ciri-ciri guru yang dirindukan, antara lain; berkarakter baik, memiliki control yang baik, mampu mengelola kelas dengan baik, mampu berkomunikasi dengan baik, selalu up to date dan upgrade ilmunya, memberikan teladan, berpenampilan menarik, bahagia dan senang bersama-sama siswanya. Hal ini bisa menjadi refleksi kita sebagai guru. Apakah kita memiliki ciri-ciri tersebut? Buku ini telah dapat mengupas tuntas.

Bagian ketiga, menjadi guru yang dirindukan. Buku ini menceritakan rahasia menjadi guru yang dirindukan, antara lain; Dimulai dari niat; berkomitmen; mendidik dengan cinta; sentuhan dengan; jempol, jari telunjuk, jari tengah, jari manis, jari kelingking; mengoptimalkan proses pembelajaran; tampil di depan kelas dengan prima, berlaku bijaksana, selalu ceria di depan kelas; mengendalikan emosi, menjawab setiap pertanyaan yang siswa, memiliki rasa malu dan rasa takut, tidak sombong, berlaku adil; menjadi motivator dan inspirator siswa; menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberi pujian yang wajar terhadap keberhasilan siswa, berikan penilaian yang objketif, memberi komentar terhadap hasil pekerjaan siswa, meciptakan persaiangan yang sehat dan kerja; menjadi guru yang diterima, dicintai dan dipercaya siswa, guru yang diterima, guru yang dicintai, dan guru yang dipercaya. Penulis dengan lengkap mengidentifikasi apa saja yang dilakukan agar menjadi guru yang dirindukan.

Bagian keempat, jalan menjadi guru yang dirindukan. Faktor-faktor penghambat, antara lain; mindset guru masih belum berubah, tidak memiliki komitmen, tidak memiliki integritas keilmuan, tidak kreatif dan inovatif dalam mengajar, malas belajar dan mengembangkan diri, tidak meiliki control diri yang baik, tidak meiliki motivasi berprestasi, tidak percaya diri dan berwibawa, bernampilan acak-acakan, gagap teknologi (gaptek), dan kurang relkigius. Penulis mampu menyjikan parameter yang tepat agar para guru terarah dan memiliki sejumlah karakter agar lebih mudah menjadi guru yang dirindukan.

Buku ini menarik untuk dibaca oleh para guru,  pemerhati pendidikan, stakeholder, dan para orang tua. Hal ini penting untuk dilakukan agar memiliki pemahaman konsep Pendidikan yang baik dan yang terbaik untuk putra-putrinya. Dengan orang tua tidak salah dalam memahami Pendidikan yang baik, mutu Pendidikan yang baik, dan layanan Pendidikan yang cocok untuk putra-putrinya. Jika para orang tua sudah memiliki pemahaman

Pendidikan yang baik pada akhirnya dapat memberikan dukungan yang sesuai pada sekolah sehingga guru-guru yang diidealkan, yang dirindukan dapat berkembang dan memungkinkan anak-anak belajar dengan baik. Buku ini mampu menyajikan bagaimana anak-anak bisa kerasan di sekolah manakala para gurunya dirindukan. Jika sekolah banyak memiliki guru yang dirndukan dapat dipastikan motivasi diri anak untuk belajar makin tinggi dan memungkinkan anak-anak berkembang secara optimal.  Buku ini kiranya wajib dibaca oleh semua pihak terutama para guru yang belum dirindukan.

Oleh: Marjuki

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 28 SURABAYA

JURNAL REPLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3

MANTAPNYA IKUT WEBINAR "WORKSHOP SRA IGI JATIM"