MARI WUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK



                                    Dewi Uswatun Hasanah
Guru SD Al-Qur’an Minhajutthullab, Muncar Banyuwangi
                           Email : dewiushasana@gmail.com

Sekolah merupakan lembaga masyarakat yang sangat berperan penting dalam memberikan bekal pendidikan kepada anak sebagai generasi bangsa. Sekolah memiliki peranan dalam hal mendidik, memperbaiki dan memperhalus tingkah laku anak didik yang sudah dimiliki sebelumnya. Dengan sekolah, anak didik belajar bergaul dengan semua warga sekolah, belajar menaati peraturan dan norma, dan juga anak didik dipersiapkan untuk menjadi anggota masyarakat yang berguna bagi agama, bangsa dan negara. Oleh sebab itu, penting sekali menghadirkan suasana sekolah yang nyaman dan aman bagi anak didik agar tercipta generasi yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air.

Dalam acara webinar tentang Sekolah Ramah Anak (SRA) yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jawa Timur pada hari Minggu, tanggal 31 Mei 2020 dijelaskan tentang apa itu Sekolah Ramah Anak. Webinar luar biasa yang membuka wawasan tentang bagaimana seharusnya pendidikan dalam sekolah dilaksanakan. Sekolah Ramah Anak (SRA) merupakan satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dengan lingkungan hidup, mampu memenuhi hak anak dan melindungi anak dari kekerasan dan perlakuan salah lainnya, serta mendukung partisipasi anak terutama dalam kebijakan pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang terbuka melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial, serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak. Sekolah Ramah Anak memenuhi dan menghargai hak anak untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, kesempatan bermain dan bersenang-senang, melindungi anak dari kekerasan, memberikan hak kepada anak untuk dapat mengungkapkan pendapat maupun pandangan secara bebas, dan berperan serta dalam mengambil keputusan sesuai dengan kapasitas mereka. Sekolah Ramah Anak juga menanamkan tanggung jawab untuk menghormati hak-hak orang lain, menghormati orang yang lebih dewasa dan menyelesaikan masalah tanpa melakukan kekerasan. Karena seperti yang kita tahu, sepertiga waktu anak berada di sekolah, sekolah merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak untuk hidup dan bekerja dengan orang lain di luar rumah, sehingga penting sekali menghadirkan lingkungan sekolah yang aman dan layak untuk anak. Lingkungan sekolah yang layak bagi anak adalah lingkungan sekolah yang mampu memenuhi hak dan melindungi anak selama anak berada di sekolah, yaitu dengan memberikan fasilitas yang aman dan nyaman bagi anak untuk belajar, kebijakan sekolah yang ramah anak, dan menjadikan lingkungan sekolah yang bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri, dan nyaman. Dan semua itu ada dalam Sekolah Ramah Anak.

Sekolah Ramah Anak membangun paradigma baru dalam mendidik dan mengajar anak untuk menciptakan generasi baru tanpa kekerasan, menumbuhkan kepedulian orang dewasa serta memenuhi hak dan melindungi anak dari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih di zaman kemajuan IPTEK seperti sekarang ini, dimana banyak sekali terjadi kasus kekerasan terhadap anak di lingkungan pendidikan. Misalnya hukuman fisik yang berlebihan, bullying, kekerasan yang berdampak pada mental anak di sekolah, ketidakpedulian orang dewasa terhadap anak sehingga berdampak sangat buruk bagi perkembangan anak, dan masih banyak yang lainnya. Kehadiran SRA sangatlah penting dan bagus sekali untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah ada. Karena dengan SRA semua terlibat langsung dalam mendidik anak. Pendidik harus melaksanakan proses pembelajaran yang ramah anak, sarpras yang aman bagi anak, dan penerapan disiplin tanpa kekerasan. Orang tua, lembaga masyarakat, dunia usaha, stakeholder lainnya, dan alumni juga harus terlibat dalam sekolah ramah anak, dan partisipasi anak juga harus diperhatikan.

Saya Dewi, seorang guru SD di Banyuwangi, mengucapkan banyak terimakasih kepada IGI Jawa Timur, moderator dan para narasumber yang telah menyelenggarakan webinar tentang Sekolah Ramah Anak (SRA) ini. Materi yang diberikan benar-benar luar biasa, sangat menginspirasi dan membuka wawasan kita semua. SRA harus digerakkan, karena dampak positif yang dihasilkan sangat baik untuk perkembangan anak didik kita. Mari kita bersama-sama mewujudkan sekolah ramah anak untuk menuju Indonesia layak anak.

Sekolah Ramah Anak, Anak senang, guru tenang, dan orang tua bahagia!


Sukses IGI Jatim

#Salam Literasi

#Salam Hak Anak

#Salam Sekolah Ramah Anak

#Salam IGI. Yang Muda Luar Biasa

Comments

  1. Semoga semakin lebih baik lagi, dan segera dapat mengamalkan ilmu yag sudah didapat khususnya di SD AL QURAN MINHAJUT THULLAB Sumberberas Muncar Banyuwangi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 28 SURABAYA

JURNAL REPLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3

Forgiveness Therapy untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif di SMA NU 1 Gresik